10 Cara Meningkatkan Alexa Rank Anda

10 Cara Meningkatkan Alexa Rank Anda
Alexa.com merupakan anak perusahaan Amazon.com dan merupakan sebuah situs web yang menyediakan informasi mengenai peringkat lalu-lintas situs Web.
 
Alexa Rank diukur berdasarkan jumlah pengguna yang telah mengunjungi situs web dengan Alexa toolbar telah diinstall pada browser.
 
Pada artikel ini, saya akan membahas tentang pentingnya Alexa Rank terhadap publikasi situs dan secara singkat membahas beberapa kelemahan dalam penggunaan Alexa Rank sebagai alat untuk mengukur lalu lintas situs web.
 
Pada bagian akhir, saya masukan juga 10 metode dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan Alexa Rank Anda secara dramatis dalam jangka pendek dan panjang.
 

Apakah Alexa Rank?

Secara sederhana, Alexa Rank adalah sistem peringkat yang melakukan perhitungan dari jumlah pengunjung situs yang menggunakan Alexa Toolbar pada Browsernya.
 
Berikut adalah pengertian Alexa Traffic Rank menurut Alexa Sendiri:
Traffoc Rank diukur berdasarkan sejarah lalu-lintas selama tiga bulan dari berjuta pengguna Alexa Toolbar dan dikombinasikan dengan jumlah halaman yang dilihat dan user yang mengunjungi. Pada tahap awal, Alexa melakukan perhitungan pada jumlah user dan banyaknya halaman yang dilihat untuk semua situs web secara harian.
 

Mengapa Anda ingin meningkatkan Alexa Rank?

Secara tidak langsung Alexa Rank dapat memberikan Anda reputasi tambahan terhadap Ranking Web Anda di dunia, karena dengan mendapatkan Alexa Rank yang sangat tinggi maka nilai jual website Anda juga akan semakin tinggi dan secara tidak langsung mempengaruhi kualitas publikasi produk yang Anda pasarkan.
 
1
Tampilan Statistik unikom.ac.id di Alexa
 

Permasalahan dengan Alexa Rank

Alexa Rank sangat rentan terhadap situs yang memiliki banyak sekali webmaster/teknisi. Hal ini dikarenakan webmaster atau teknisi kemungkinan besar memiliki Alexa toolbar pada browsernya dibandingkan dengan pengguna/surfer umum.
 
Karena itu saya tidak begitu setuju dengan pendapat bahwa Alexa adalah sebuah metode yang sangat akurat untuk mengukur lalu-lintas web di dunia.
 
Alexa adalah cara konyol untuk mengukur lalu lintas web, tapi sayangnya Alexa masih banyak digunakan oleh webmaster untuk mengukur nilai jual situs mereka. Oleh karena itu walaupun terdapat kelemahan di dalam sistem pengukuran Alexa Rank tapi fasilitas ini memberikan peranan penting dalam strategi meningkatkan nilai jual suatu situs web.
 

Bagaimana cara memulai dengan Alexa?

Untuk memulainya Anda dapat mengunjungi halaman Alexa Toolbar http://www.alexa.com/toolbar dan menginstall Alexa Toolbar pada browser Anda.
 
1
Tampilan Alexa pada Browser setelah di Install
 

10 Cara Meningkatkan Alexa Rank Anda

Berikut ini adalah kumpulan metode yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan Alexa Rank Anda. Kebanyakan dari tips-tips ini berasal dari beberapa rekan webmaster:
 
  1. Instal Alexa Toolbar dan set blog Anda sebagai homepage Anda. Ini adalah langkah yang paling dasar.
  2. Tambahkan Widget Alexa di website Anda.
  3. Ajak Pengunjung web/blog Anda untuk menggunakan Alexa Toolbar.
  4. Bila Anda merupakan Administrator Komputer di Perusahaan Anda, Anda dapat Menginstall Alexa Toolbar di seluruh komputer dan set web/blog Anda sebagai homepage defaultnya. Hal ini mungkin saja berguna bila di kantor Anda selalu menggunakan IP yang dinamis untuk mengakses Internet.
  5. Minta teman dan pengunjung web/blog Anda untuk melakukan review tentang web/blog Anda di Alexa. Walaupun review ini tidak sepenuhnya membantu rangking web/blog Anda.
  6. Tulis topik tentang Alexa pada web/blog Anda, karena webmaster ( yang biasanya menginstall Alexa Toolbar pada browsernya ) akan sangat tertarik dengan topik yang berkaitan dengan meningkatkan Rangking Alexa.
  7. Sharing URL web/blog Anda di forum webmaster.
  8. Tulis topik yang berhubungan dengan webmaster. Diantaranya mengenai SEO atau Trik Pemrograman Web. Hal ini dapat menarik minat webmaster untuk mengunjungi web/blog Anda.
  9. Sharing URL pada digg, twitter atau jejaring sosial lainnya.
  10. Dan masih banyak lagi tips lainnya yang dapat Anda lakukan agar pengguna Alexa Toolbar ( yang rata-rata webmaster ) berminat untuk mengunjungi website Anda.
Mungkin hanya itu dulu untuk pembahasan tentang 10 Cara meningkatkan Alexa Rank dan di lain kesempatan mungkin saya akan membahas beberapa topik menarik lainnya mengenai webmaster.
 
Dan jangan lupa untuk membantu juga Ranking domain unikom.ac.id dengan cara:
 
 

Terima Kasih telah membaca Artikel singkat ini, dan semoga bermanfaat untuk para pembaca.. Dan Akhir Kata, Selamat ber-webmastering Ria... Wassalam...
sumber: amarullz

3 Responses to "10 Cara Meningkatkan Alexa Rank Anda"

  1. ada terbaru ni gan cara meningkatkan link in alexa di blog

    kunjungi
    http://muhammadfadly08.blogspot.com/2012/06/cara-meningkatkan-link-in-pada-alexa-di.html

    sudah banyak yang berhasil. nu gua baru nyoba..

    jangan lupa follow yah gan. nanti di follow balik gan

    BalasHapus
  2. makasi gan atas infonya
    sangat berguna :)

    BalasHapus
  3. Thanks atas informasinya. Saya masih newbie nih, masih harus banyak belajar dan berusaha menaikkan rank alexa. ^_^

    BalasHapus