OnlineLeaf ScreenSaver Bikin Loading Blog Lama

OnlineLeaf adalah plugin yang membawa tampilan blog ke energy saving mode (screensaver) ketika blog dalam keadaan idle dan akan kembali ke tampilan semula setelah melakukan mouse over. Salah satu fungsi dari aplikasi/plugin ini adalah untuk menghemat energy dan mendukung gerakan save green environment. Pastinya, saya dan kita: para Blogger, sangat mendukung gerakan tersebut.

Tetapi, akhir-akhir ini ada problem yang cukup serius. Seperti yang telah saya sampaikan di dalam komentar balasan atas pertanyaan sobat blogger AcerNoval di posting 5 Cara Mempercepat Loading Blog, plugin atau aplikasi screensaver onlineleaf ini menyebabkan macetnya loading elemen blog  lain yang  seharusnya di-load browser. Informasi pada bagian footer browser menunjukkan: "waiting onlineleaf.com...." yang menunjukkan  browser sedang menunggu respon atas request dari browser. Kasus ini saya alami ketika membuka blog-blog sobat Blogger yang menggunakan aplikasi ini. Kemungkinan faktornya adalah pada server dan atau bandwidth, dimana saat ini telah banyak pemakai plugin ini namun kapasitas-nya tidak memadai, sehingga harus antri response ketika browser melakukan request. Rata-rata waktu yang dibutuhkan di atas 2 menit hingga response di dapat dan akhirnya bagian/elemen blog lain yang belum termuat baru bisa di-load oleh browser dan selanjutnya tampilan blog baru bisa dilihat. 

Tentu saja kasus ini menjadi masalah besar bagi pengunjung dan pemilik blog sendiri. Karena mereka akan butuh waktu lebih lama untuk sekedar melihat tampilan blog. Contoh pembahasan kasus serupa bisa dilihat di complain terhadap SilkypixForum dan artikel CodeIsLove.

Selayaknya, masalah ini  harus segera diperhatikan; terutama oleh sobat-sobat blogger yang menggunakan plugin/aplikasi screensaver ini, karena, sampai saat artikel ini ditulis, efeknya benar-benar mengganggu pengunjung. Pihak OnlineLeaf juga harus segera mengambil tindakan agar ini tidak merugikan blog-blog pengguna aplikasi screensaver tersebut. Bukannya jadi energy saving mode, tapi malah pemborosan banget mode karena tentu saja energy yang digunakan untuk menunggu response juga besar kan?
(sumber: buka-rahasia)

0 Response to "OnlineLeaf ScreenSaver Bikin Loading Blog Lama"

Posting Komentar