RAHASIA!! Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit.

Jumlah backlink blog/web yang ditemukan Google di situs lain diyakini masih berpengaruh terhadap rangking suatu halaman web/blog di Google Search Engine maupun dalam kaitannya dengan PageRank. Meskipun sebenarnya, telah banyak ditegaskan oleh para master SEO bahwa kualitas backlink-lah yang lebih menentukan. Seiring dengan pemahaman itu, banyak yang mengeluh mengapa jumlah backlink Google selalu saja nampak sedikit padahal link building terus menerus dilakukan bahkan sudah tidak terhitung lagi jumlah link yang telah ditanam.

Suatu ketika ada yang berbicara, "Blog ane jumlah backlinknya 6, kok PR-nya cuma 1 ya? Sedangkan Blog-nya si A jumlah backlink-nya cuma ada 1, tapi kok PR-nya 4? Kok bisa? Ada apa? Kenapa?!"

Seperti yang telah kita ketahui, cara paling umum untuk mengetahui jumlah backlink adalah dengan mengetikkan perintah tertentu di dalam kotak pencarian Google:
link:url atau link:nama domain (semua tanpa spasi)
Contoh:
link:http://buka-rahasia.blogspot.com atau link:buka-rahasia.blogspot.com (tambahkan www jika anda menggunakannya sebagai nama domain utama, dan sebaliknya, jangan gunakan www jika bukan merupakan nama domain utama, karena hasilnya akan berbeda)
Biasanya, dan kebanyakan, kita hanya akan melihat beberapa domain atau halaman web/blog yang muncul pada hasil pencarian. Benarkah demikian jumlah backlink suatu web/blog yang telah ditentukan (masuk kriteria sebagai backlink) oleh Google?

Mungkin bagi beberapa ahli SEO, sudah sangat dipahami betul mengapa demikian. Namun, karena rasa penasaran, sekitar beberapa bulan yang lalu, saya melakukan googling dan mencari berbagai macam informasi mengenai ketepatan jumlah backlink Google, termasuk mengunjungi blog Matt Cutts, software engineer-nya Google:
"The short answer is that historically, we only had room for a very small percentage of backlinks because web search was the main part and we didn't have a ton of servers for link colon queries and so, we have doubled or increased the amount of backlinks that we show over time for link colon, but it is still a sub-sample. It's a relatively small percentage. And I think that that's a pretty good balance, because if you just automatically show a ton of backlinks for any website then spammers or competitors can use that to try to reverse engineer someone's rankings."
Interpretasi bebasnya kurang lebih adalah: Google hanya menyediakan ruang yang sedikit untuk menampilkan hasil search query pada backlink, sehingga yang ditampilkan pun hanya sepersekian persen saja. Ini karena fungsi pencarian diutamakan untuk pencarian web secara umum. Itu beberapa tahun yang lalu. Meskipun sekarang jumlah server Google jauh berkali lipat dari sebelumnya, dan jumlah backlink yang ditampilkan bertambah, namun itu masih beberapa persen saja dari keseluruhan jumlah backlink yang dimiliki oleh sebuah website. Salah satu tujuannya adalah untuk menghindari spam ke situs-situs pemberi backlink dan merahasiakan backlink suatu situs dari situs-situs pesaing.

Telah jelas sekarang bahwa jumlah backlink suatu web/blog yang ditampilkan di hasil pencarian Google bukanlah jumlah backlink yang sesungguhnya dan Google sendiripun mengakuinya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jumlah backlink yang sesungguhnya? Setidaknya bagi webmaster/owner dari sebuah blog/website? Menjawab ini, Matt Cutts kemudian melanjutkan,
"To see a much larger sampling of links to any verified site in Webmaster Tools:
1. On the Webmaster Tools Home page, click the site you want.
2. Under Your site on the web, click Links to your site.
Note: Not all links to your site may be listed. This is normal"
Untuk melihat contoh backlink dalam jumlah yang lebih besar, kita dapat menggunakan Google Webmaster Tools, dimana setiap pemilik website dapat melihat beberapa laporan dan melakukan analisis sederhana mengenai keberadaan website-nya di search engine. Setelah  masuk ke beranda Google Webmaster Tools (note: web/blog harus sudah terdaftar dan terverifikasi di Google terlebih dahulu), kemudian klik web/blog yang ingin anda lihat. Setelah masuk ke dashboard salah satu web/blog anda, klik "Links to your site" atau "Link ke situs anda". Disana anda akan melihat 3 bagian penting: Sampel dan jumlah situs teratas yang mempunyai link ke situs anda, halaman-halaman situs yang paling banyak memiliki link, dan keyword/phrase (anchor text) terbanyak dari link-link terebut.

Sekali lagi (dan lagi-lagi!) Google juga menekankan bahwa tidak semuanya ditampilkan dan itu normal. Jadi jawaban atas pertanyaan mengenai jumlah backlink Google terhadap suatu web/blog telah jelas sekarang.

Backlink blog ini, yang ditampilkan di hasil pencarian Google, juga berubah-ubah. Kadang-kadang hanya dua. Pernah beberapa bulan kemudian saya cek ada 16 buah backlink yang ditampilkan. Dan, terakhir saya cek hanya empat backlink. Kemudian yang ditampilkan di Webmaster Tools pun juga tidak stabil, terakhir saya cek ada 236 situs yang memiliki backlink blog ini dan 3341 link halaman-halaman blog ini yang mendapat linkback. 

Akan tetapi karena telah jelas duduk perkaranya, menurut hemat saya, kita tidak perlu merisaukan jumlah backlink yang ditampilkan di search engine maupun Webmaster Tools karena, seperti halnya rahasia Google dalam menentukan PageRank dan ribuan faktor yang menjadi penentunya, kita tidak akan pernah tau jumlah backlink Google yang sesungguhnya. Lebih baik tetap fokus pada bagaimana membangun web/blog yang valuable buat pengunjung dan terus meningkatkan SEO-nya, bukan?
(sumber: buka-rahasia)

0 Response to "RAHASIA!! Mengapa Jumlah Backlink Google Sedikit."

Posting Komentar